Sabtu, 03 Januari 2015

Tips-tips Menhadapi Ujian

Tidak ada komentar :
Hii Gais, jumpa lagi di blog saya, apa lagi kalo bukan blog yang bertuliskan hal-hal yang gak penting buat dibaca. Hehe emang tujuannya blog ini untuk lucu-lucuan aja gais.

Oke pada postingan kali ini saya akan membawakan tema yaitu ujian sob. Kita sebagai pelajar tentu pernah dan bahkan sering mendapatkan ujian. Misalnya ujian nasional, uas, atau bahkan ujian hidup.

Ujian itu tentu sangat menakutkan gais. Tapi tenang saja, disini saya akan memberikan tips-tips mengerjakan soal ujian yang tak seharusnya kita pakai tips ini. Okelah tanpa basi basi mari kita cek apasaja yang harus kita lakukan sebelum menghadapi ataupun saat menghadapi ujian.

Masuk tips-tips :
1. Persiapan yang matang.
Bicara soal persiapan, tentu saja kita langsung ke pembelajaran. Persiapan ini bukan hanya belajar sob, tapi juga mental dan kesehatan. Kita perlu belajar, tapi kita juga perlu memperhatikan kesehatan. Jangan sampai belajar hingga kita tak tidur, kan bahaya nanti. Haha, dan juga ingat, kalo belajar pastikan yang anda pelajari itu adalah pelajaran yang akan diujikan besok. Dan yang anda pelajari adalah pelajaran anda sendiri jangan sampai pelajaran adik anda yang masih sekolah TK anda pelajari. Memang sih sama-sama namanya matematika, tapi itu berbeda tingkatannya gais.

2. Jangan telat.
Jangan sampai kalian telat gais. Karena jika kalian telat, konsentrasi anda akan terganggu, belajar yang anda lakukan semalam tidak akan masuk. Akan bubar semua. Jika telat, anda tentu akan tergesa-gesa, jika tergesa-gesa tentu akan berkeringat, keringat itu pasti menetes kemana-mana, kalo menetes kemana-mana pasti bisa-bisa menetes di lembar jawaban atau soal, kalo ketetesan pasti akan basah, kalau basah pasti akan gak bisa ngerjain soal ujian, kalau gabisa ngerjain soal ujian pasti nilai jelek, kalau nilai jelek pasti anda ga akan lulus. Masak gara-gara telat anda ga lulus ujian gais. Makanya mikir.

3. Berdoa.
Setelah anda masuk ke ruang ujian, jangan lupa untuk berdo'a gais. Dan yang paling penting, berdoa agar kita bisa ngerjain soal dengan gampang,benar, dan mendapat nilai bagus. Gaperlu berdo'a yang panjang lebar, apalagi sampai berdo'a minta jodoh kan ngga ada kaitannya sama ujian. Kalau berdo'a minta jodoh itu pas kita lagi dapat ujian hidup gais, bukan ujian sekolah. Dan yang tak kalah penting berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing ya gais, dan jika anda muslim berdo'anya lebih baik dengan mengangkat tangan kita gais, bukan tangan temang kita, apalagi tangan pengawas ujian, kan serem gais.

4. Tulis nama yang benar.
Setelah anda menerima soal dan lembar jawaban, jangan lupa tulis nama anda gais. Jangan sampai lupa untuk ngerjain yang satu ini. Kalau kita lupa bisa fatal jadinya. Dan yang gak kalah penting nama yang kalian tulis adalah nama anda, jangan sampai nama teman sebangku kalian, pacar, atau bahkan orang tua kita gais. Karena itu tidak akan diterima oleh yang mengoreksi jawaban kita. Camkan itu gais.

5. Kerjakan yang gampang dahulu.
Untuk mengefektifkan waktu, kita kerjakan soal yang menurut kita gampang dahulu gais. Jika ada soal yang susah mending di lewatin aja dulu. Kenapa? Karena bapak saya bilangnya gitu gais. Hehe engga, contoh saja jika kita mengerjakannya harus berurutan, jika soal yang pertama saja sudah sulit dan tidak bisa kita kerjakan, dan kita terus memikirkan tentang soal itu dan gabisa move on kita akan kehilangan banyak waktu gais, padahal soal selanjutnya ada yang gampang dan bisa kita kerjakan. Ini sama seperti ketika kita putus sama pacar dan gabisa move on padahal masih banyak yang lebih baik daripada dia, dan saking gabisa move onnya kita jadi ga dapat jodoh sampe mati. Kan ngeri banget gais,, mau kaya gitu?? Engga kan tentunya. Makanya latihan move on dengan cara ngerjain soal yang gampang dahulu. Gak nyambung banget sih sebenernya, tapi yaudahlah, pusing gais.

6. Teliti sebelum di kumpulkan.
Nah yang satu ini gak kalah pentingnya gais, walaupun mungkin kita ngerjainnya asal, dan kadang hasil contekan, tapi yang jelas teliti dulu. Karena dengan meneiliti jawaban kita bisa saja kita yang asalnya menjawab ngawur ternyata ingat jawaban yang benar disaat kita meneliti jawaban kita. Dan satu lagi yang perlu diteliti gais, yaitu naman,nomor induk dan juga pastikan semua soal sudah terjawab, jangan sampai kosong, karena sayang kalo gak diisi karena biasanya walaupun salah tetep dapat nilai. Oh iya gais, pastikan juga yang kalian teliti itu jawaban kalian ya gais, jangan jawaban teman sebelah kalian terus kalian teliti. Karena hal itu bisa menimbulkan isu-isu tak sedap tentang anda gais, wkwkwkw.

7. Tulis doa di bawah lembar jawaban.
Yang satu ini juga jangan sampai dilewatkan juga gan. Untuk mendapat keberuntungan kita sebaiknya menuliskan do'a di bagian footer atau bagian paling bawah. Dan do'anya juga jangan untuk diri sendiri gais, tapi do'akan juga buat dosen atau guru kita. Semoga mereka selalu diberikan rejeki yang barokah, melimpah, dan bermanfaat. Semoga panjang umur semoga dilancarkan segala urusannya. Kenapa perlu do'a ini. karena dengan kita mendoakan seperti ini semoga dosen atau guru kita menjadi berterimakasih kepada kita dan kita diberikan nilai yang bagus gais. aamiin hahaha. 

Oke itulah tips-tips mengerjakan soal ujian ala kadarnya, dan ingat, ini hanya sebuah lelucon gais, bukan untuk ditiru semuanya. Ambil yang positif aja jika ada, dan jika tidak mohon dimaklumi saja.


Akhir kata, apabila tulisan ini memberikan nilai positif untuk kita tentu itu adalah sebuah karunia dari Allah SWT, dan apabila terdapat kesalahan-kesalahan tentu itu mutlak berasal dari saya sendiri, andrian robby pratama. Terimakasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar